Website yang mobile friendly merupakan salah satu indikasi website yang sangat bagus, mengingat jumlah pengguna smartphone di Indonesia semakin bertambah setiap tahunnya. Data survei juga mengungkap bahwa rata-rata pengakses internet di Indonesia menggunakan perangkat genggam. Statistiknya sebagai berikut: 67,2 juta orang atau 50,7 persen mengakses melalui perangkat genggam dan komputer, 63,1 juta orang atau 47,6 persen mengakses dari smartphone, dan 2,2 juta orang atau 1,7 persen mengakses hanya dari komputer. “Penyebabnya adalah perkembangan infrastruktur dan mudahnya mendapatkan smartphone atau perangkat genggam,” terang Ketua APJII Jamalul Izza.
Berikut ini adalah tips tentang cara membuat website Anda dengan mudah diakses di perangkat mobile :

Tip #1: Jangan membuat situs web mobile-friendly yang terpisah
Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa website yang diakses melalui smartphone terkadang mempunyai halaman dan struktur yang berbeda. Nah, dalam hal ini usahakan membuat website yang responsive yang masih diakses pada satu directory / folder yang sama. Misalnya idcloudhost.com jika diakses pada mobile maka tetap idcloudhost.com bukan m.idcloudhost.com

Tip #2: Gunakanlah template yang responsive
Responsive disini maksudnya adalah bisa diakses menggunakan perangkat apapun, dan bisa diakses oleh pengguna dengan cepat dan mudah. hal ini mengingat mobile-friendly memanjakan pengguna dari segi apapun.

Tip #3: Selalu menyertakan meta tag viewport
Perlu anda ketahui hal ini mengidentifikas website Anda untuk akses yang berbeda disetiap perangkat. Tag Viewport adalah kode / perintah yang digunakan oleh web browser untuk menentukan bagaimana konten adalah skala dan ukuran pada perangkat tertentu.
Tips #4: Perhatikan Ukuran font dan ukuran tombol
Manjakan pengguna Anda dengan kemudahan dalam mengakses dan berselancar dalam mengakses website Anda. Perhatikan ukuran font dan tombol apakah bisa dibaca, di klik, atau dilakukan perintah lainnya sehingga akan mempermudah pengguna dalam mengakses website.

Tip #5: Gunakan gambar resolusi tinggi
Gambar beresolusi tinggi berfungsi agar saat diakses di mobile gambar tidak pecah atau tidak kelihatan blur. Gambar beresolusi tinggi saat ini sangat menarik, meskipun mempunyai resolusi tinggi, namun tidak berarti gambar mempunyai kapasitas besar yang pada akhirnya sulit diakses.

Tip #6: Gunakan Video untuk menyampaikan informasi Details
Hal ini sangatlah penting, jika informasi yang Anda sampaikan dalam bentuk visual membutuhkan penyampaian deskripsi yang panjang, manfaatkan video untuk lebih memanjakan pengguna Anda.

Tip #7: Jangan membatasi pengalaman mobile pengguna Anda dan Terus Testing
Lakukan testing untuk memastikan kenyamanan pengguna dalam mengakses website Anda melalui perangkat apapun. sesuai dengan apa yang dijelaskan pada poin diatas, pastikan pengalaman pengguna dalam mengakses website yang paling diutamakan. Hal ini bisa saja mempengaruhi seberapa betah pengguna dalam mengakses konten website kita.

0 Saran anda ?:

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();
Copyright © 2013 Yazz.id